BEBERAPA BAGIAN CCTV SEBAGAI PERANGKAT SISTEM KEAMANAN
BEBERAPA BAGIAN CCTV SEBAGAI PERANGKAT SISTEM KEAMANAN

BEBERAPA BAGIAN CCTV SEBAGAI PERANGKAT SISTEM KEAMANAN

BEBERAPA BAGIAN CCTV SEBAGAI PERANGKAT SISTEM KEAMANAN

CCTV yang merupakan kepanjangan dari Close Circuit Television adalah suatu sistem komputer yang dilengkapi dengan video kamera. Hal ini menjadikan alat tersebut dapat merekam di sekitar dimana perangkat cctv ini dipasang. CCTV ini digunakan untuk perangkat keamanan sehingga dengan adanya alat ini, segala bentuk aktifitas dimana perangkat ini terpasang dapat diketahui. Perangkat keamanan ini menggunakan sinyal yang sifatnya rahasia atau tertutup. Hal ini tentu berbeda dengan televisi pada umumnya yang menggunakan broadcast signal. Semakin majunya zaman, penggunaan CCTV pun bahkan sudah dipasang di lingkungan rumah secara pribadi.

Beberapa perangkat cctv
CCTV yang merupakan sistem perangkat keamanan ini memiliki beberapa bagian di dalamnya. Hal ini perlu anda ketahui untuk menambah pengetahuan terkait hal ini. Bagian- bagian tersebut antara lain:

Camera
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa CCTV memiliki sebuah camera yang berfungsi untuk mengambil gambar. Adanya kamera pada CCTV ini menjadi perekam segala aktifitas di area dimana perangkat tersebut dipasang. Kamera CCTV ini biasanya dipasang di tempat- tempat yang membutuhkan pengawasan seperti bank, hotel, ATM, dll. Dengan adanya kamera ini, segala tindak kejahatan yang terjadi bisa menjadi barang bukti nantinya. Kamera pada CCTV terdiri dari beberapa tipe dengan fungsinya yang berbeda- beda. Tidak hanya itu, dari segi kualitas serta penggunaannya juga berbeda. Jenis tipe kamera CCTV yang dimaksud yaitu kamera CCTV Network dan juga kamera CCTV Analog.

DVR (Digital Video Recorder)
Bagian lainnya dari CCTV yaitu DVR yang merupakan sebuah perangkat untuk merekam gambar. Kamera akan mengirimkan gambarnya ke perangkat ini. Jenis DVR juga beragam dengan fitur dan keunggulan yang juga berbeda- beda. DVR ini memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk keamanan, maka tak jarang hasil rekaman dari perangkat ini digunakan untuk mengungkap sebuah peradilan. DVR ini memiliki dua kategori yaitu Stand Alone DVR dan PC Card DVR.

HDD (Hard Disk Drive)
Selain dua bagian yang sudah disebutkan di atas, bagian lainnya dari CCTV yaitu Hard Disk Drive. Ini merupakan bagian penyimpanan data. Hard disk ini dipasang di bagian DVR. Jika Hard disk memiliki kapasitas yang besar, maka rekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV juga semakin panjang. Hard disk pada umumnya yang dipasang berkapasitas 160 Gb dan ada pula yang diupgrade agar lebih besar kapasitasnya yaitu 1 Terabyte. Dengan demikian, untuk menghasilkan rekaman yang sempurna dan sesuai harapan, usahakan kapasitas hard disknya juga tidak terlalu kecil.

Power Cable
Bagian lain dari CCTV yaitu power cable. Kabel ini adalah kabel alternatif jika kabel kamera pada CCTV yang sudah disediakan tidak cukup panjang sehingga hal ini menjadikan kabel tersebut tidak dapat menjangkau sumber listrik. Jika hal ini terjadi, maka power cable bisa digunakan.
BEBERAPA BAGIAN CCTV SEBAGAI PERANGKAT SISTEM KEAMANAN

Coaxial Cable
Selain power cable, ada juga coaxial cable. Ini adalah kabel penghantar signal video. Hal ini didapatkan dari kamera ke DVR dan juga DVR ke bagian monitor. Dengan demikian, keberadaan kabel ini sangat penting.

BNC konektor
Bagian lainnya dari CCTV yaitu BNC konektor. BNC kepanjangan dari Bayonet Neil Concelman. Konektor atau penghubung ini dipasang pada bagian kabel coaxial. Beberapa jenis BNC konektor diantaranya; BNC RG59 Crimping, BNC GG6 Twist, BNC to BNC, BNC RG6 Crimping dan BNC-RCA.

Itulah beberapa bagian- bagian yang terdapat pada CCTV yang bisa menjadi referensi untuk anda. Jadi fungsi CCTV kurang maksimal jika bagian- bagian di atas masih belum lengkap.

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.