Cara Menghitung Bandwidth Dan Harddisk Kamera CCTV yang akan di pakai
Cara Menghitung Bandwidth Dan Harddisk Kamera CCTV yang akan di pakai

Cara Menghitung Bandwidth Dan Harddisk Kamera CCTV yang akan di pakai

Cara Mudah Menghitung Bandwidth Dan Penggunaan Harddisk pada Kamera CCTV

Masyarakat indonesia saat ini, sudah banyak yang menggunakkan Perangkat Kamera CCTV Sebagai alat pengamanan ganda di sebuah rumah, kantor, toko, mall, dan tempat - tempat lainnya.  Peranan Kamera CCTV ini sangat dibutuhkan jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian, Kamera cctv dapat memberikan suatu informasi rekaman yang baik untuk dijadikan barang bukti, jika kita ingin melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

Tetapi sangat jarang orang yang mengetahui berapa kapasitas bandwidth dan harddisk pada perangkat cctv yang sudah terpakai untuk merekam hasil Kamera CCTV dengan range waktu 1 hari, 7 hari atau 1 bulan.  oleh karena itu, sebelum kita membeli perangkat CCTV ada baiknya mengetahui terlebih dahulu spesifikasi kamera cctv tersebut baik itu Camera indoor atau Outdoor dan kapasitas penyimpanan ( Harddisk ) yang dibutuhkan? Contoh saya membeli sebuah perangkat Camera CCTV dengan spesifikasi sebagai berikut :
  • 1 Unit DVR  dengan tipe stream H.264
  • 4 Kamera CCTV Indoor dengan resolusi 2 Megapixel 1080P HD
  • Aksesoris (Kabel, Bnc, Adaptor, )
  • Harddisk ?
Pada spesifikasi diatas saya sudah menentukan beberapa perangkat Kamera CCTV yang sudah saya beli tetapi saya masih bingung dalam menentukan kapasitas hardisk yang ingin saya digunakan untuk menyimpan hasil rekaman.

Cara Menghitung Bandwidth Dan Harddisk Kamera CCTV yang akan di pakai

Bagaimana cara menentukan kapasitas harddisk untuk cctv yang saya akan gunankan :
  1. Buka website http://www.stardot.com/bandwidth-and-storage-calculator
  2. Pilih jenis dvr
  3. Tentukan jenis resolusi kamera cctv
  4. pilih Kualitas Video (apakah low, medium atau high)
  5. setelah saya memilih maka akan nampak hasil penggunaan harrdisk yang akan kita beli, contohnya pada gambar yang saya lingkari berwarna merah.
Jadi, pada kesimpulan diatas harddisk yang akan saya beli kurang lebih 8 terabyte untuk kamera cctv indoor dengan resolusi 2 megapixel 1080P dengan durasi perekeman 30 hari. mungkin ada beberapa yang menganggap remeh masalah harddisk, klo saya pribadi tidak menjadi masalah di awal saya mengeluarkan dana yang besar, karena perangkat cctv ini untuk jangka panjang dan bisa menjadi bahan informasi ketika terjadi sesuatu.

Demikianlah artikel ini kami buat, semoga bermanfaat buat anda dan kurang lebihnya saya mohon maaf apabila dalam penulisan ini, ada kata - kata yang kurang berkenan di hati sahabat blogcctv ini. dengan senang hati apabila sahabat bisa berdiskusi lebih dalam di blog ini seputar kamera CCTV.  wassallam 

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.