Cara Setting CCTV Agar Gambar Yang Diperlihatkan Berkualitas
Cara Setting CCTV Agar Gambar Yang Diperlihatkan Berkualitas

Cara Setting CCTV Agar Gambar Yang Diperlihatkan Berkualitas

Cara Setting CCTV Agar Gambar Yang Diperlihatkan Berkualitas

Kamera cctv sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih. Hal ini karena kamera pengawas yang banyak diperjualbelikan dilengkapi teknologi IP. Dengan teknologi ini, pemutaran video rekaman bisa dilakukan secara langsung, terlebih ketika jaringan kamera pengawas terhubung internet. Namun demikian, Anda perlu memahami cara setting cctv yang baik dan benar. Umumnya, hal tersebut akan berhubungan dengan beberapa hal, seperti:

• Sambungan internet yang ada di lokasi. Sambungan internet yang tersedia harus dipastikan dalam kondisi stabil, jika tidak kualitas gambar yang terekam tidak bisa digunakan ketika kondisi darurat.

•Kualitas cmos kamera yang terpasang di area.

Dari hal di atas, pada saat Anda ingin memasang kamera cctv, ada beragam hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Lokasi pasang kamera

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi pasang kamera. Lokasi pasang sedikit banyak akan mempengaruhi kecerahan gambar yang didapatkan terlebih ketika dipasang dengan tingkat ketinggian area yang berbeda-beda. Apabila yang terpasang di lokasi Anda adalah kamera IP, lokasi pasang yang tepat bisa memberikan rekaman yang akurat. Sementara itu, jika yang terpasang di lokasi Anda adalah kamera dengan kabel, lokasi pasang akan mempengaruhi pola pemasangan kabel yang memungkinkan dvr menayangkan langsung rekaman video cctv. 

Jaringan internet atau kabel yang terpasang

Seperti hal di atas, jaringan internet atau kabel yang terpasang akan mempengaruhi metode setting ketajaman gambar yang diinginkan baik siang maupun malam hari. Misalnya saja, ketika di suatu area, Anda memesan kamera cctv sebanyak 16 buah untuk dipasang di 4 titik, masing-masing kamera perlu diukur jaraknya baik ketika menggunakan jaringan internet maupun kabel manual.

Kondisi area

Ketika Anda memesan kamera cctv untuk dipasang di indoor maupun outdoor ada perlakuan berbeda yang diberikan. Ketika kamera dipasang di area indoor, pelindung kamera tidak terlalu dibutuhkan. Berbeda dengan kamera yang dipasang di luar, perlu adanya pelindung yang disetting melindungi kamera agar tidak terkena terpaan angin kencang maupun air hujan.
Cara Setting CCTV Agar Gambar Yang Diperlihatkan Berkualitas

DVR yang dibutuhkan

Ketika Anda ingin mendapatkan rekaman gambar yang berkualitas, berapapun jarak yang dibutuhkan saat pemasangan setiap kamera, Anda juga perlu memperhitungkan berapa jumlah dvr yang dibutuhkan untuk menyimpan rekaman real time dari kamera. Anda perlu memahami jalur setting yang bisa digunakan untuk setiap dvr apabila dvr yang perlu diinstalasi bersama kamera pengawas lebih dari satu. Selain beragam hal di atas, Anda bisa mengatur setting cctv apabila produk kamera pengawas yang Anda gunakan benar-benar berkualitas. Untuk memastikannya, Anda bisa memakai beberapa cara, seperti:

a. Memastikan bahwa kamera yang Anda beli memiliki jangkauan infrared yang lebih dari 20m saat malam hari dan dilengkapi dengan kamera berkekuatan ¼ cmos untuk kualitas gambar cerah saat siang.

b. Memastikan bahwa kamera yang dibeli sudah didukung dengan teknologi wireless, karena secara tidak langsung kamera dengan teknologi wireless lebih stabil gambarnya.

c. Membeli dari distributor kamera pengawas terpercaya yang memiliki banyak varian kamera. Dengan begitu, Anda bisa memilih kamera yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

d. Melihat layanan tambahan untuk kamera pengawas yang sudah dibeli, sehingga Anda merasakan keuntungannya untuk jangka panjang.

Dengan memperhatikan cara setting kamera pengawas maupun cara memilih kamera yang tepat, Anda akan mendapatkan produk cctv yang berkualitas dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama. 

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.