CARA SETTING CCTV
CARA SETTING CCTV

CARA SETTING CCTV

CARA SETTING CCTV

Di artikel sebelum ini kita sudah membahas tentang bagaimana tips atau cara-cara membeli kamera CCTV yang baik dan benar serta berkualitas yang cocok dengan yang kita inginkan dan juga tentu saja yang disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Setelah kita berhasil mendapatkan kamera CCTV yang sesuai dengan keinginan kita maka kitapun ingin segera memasangnya bukan. Sebetulnya bisa saja kita meminta tolong orang lain untuk memasangkannya, bisa ke bagian teknisi dari tempat kita membeli kamera CCTVnya atau ke pihak lain yang memang telah memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Namun tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk memasangnya sendiri. Sudah pasti dengan memasangnya sendiri kita akan semakin mengerti seluk beluk pemasangan yang baik dan benar. Dengan memasangnya sendiri kalau suatu waktu terjadi masalah diharapkan kita juga bisa mengatasinya dengan tangan kita sendiri karena kitalah yang mengetahui segala sesuatunya sebelumnya.

Sebelum kita melangkah ke pembahasan bagaimana cara mensetting CCTV kita harus mempersiapkan beberapa perangkat yang dibutuhkan yang saling melengkapi. Di samping tentu saja kamera CCTVnya kita juga harus menyediakan DVR atau Digital Video Recorder beserta adaptornya, Switch Hub, koneksi ke internet untuk DVRnya serta koneksi internet untuk ke Personal Computer, tablet, laptop atau smartphone.
CARA SETTING CCTV

Dalam hal yang berkaitan dengan cara setting CCTV, pertama kali yang harus kita lakukan adalah mensetting DVR internet. Untuk lebih jelasnya marilah kita lihat di uraian di bawan ini :
  • Pertama-tama kita harus mensetting IP address DVR dengan cara menyambungkan DVR ke router.
Kita harus menyesuaikan beberapa macam settingan, di antaranya untuk gateway, DNS, Netmask serta Port. Kita ketik DVR Menu >> Advace config >> Network. Nantinya akan ada tabel yang harus kita isi. Kalau untuk gateway penyettingannya bisa sampai 192.168.1.255. Untuk subnetnya bisa terisi hingga 255.255.255.0. Port standardnya adalah 80. Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah DVR sudah terkonek ke komputer atau belum. Yang harus kita lakukan adalah membuka http://192.168.1.10:80 jika yang kita gunakan adalah port standard.
  • Yang kedua adalah menseting modem.
yang harus kita lakukan adalah mengetik http://192.168.1.1. Hasil ketikannya ini adalah berupa jendela login. Kemudian langkah berikutnya ialah mengisi kolom user dan passwordnya berdasarkan modem yang kita pakai. Setelah admin user dan admin passwordnya kita isi nanti akan muncul tampilan interface modem yang kita pilih tadi. Sesudah loginnya berhasil kita peroleh maka kita >> klik Advanced Set up. Selanjutnya >> klik Nat di PVC 4 terlebih dulu. Jika tidak bisa pilih PVC 1 sampai dengan PVC 3. Terakhir >> klik Virtual Server.
  • Langkah ketiga adalah mendaftar DynDNS.
Yang harus kita lakukan adalah mengetik alamat dyndns.com. Setelah itu kita klik menu loginnya. Data-data yang ada harus kita isi berdasarkan email yang kita punya. Untuk itu kita juga harus menyertakan alamat email yang masih aktif.
  • Yang terakhir adalah mensetting DynDNS ke komputer.
Yang harus kita lakukan adalah lewat komputer kita masuk ke login DVR Avtech dengan cara ketik user, password serta kode verifikasi yang sesuai. Kemudian kita setting konfigurasinya den gan mengisi kolom-kolomnya. DDNSnya kita pilih Enable. Kita pilih dydns untuk system namenya. Sedangkan untuk username, password serta hostnamenya kita isi masing-masing di dyndns.com.
Kalau keempat cara tersebut sudah kita lakukan, kita sudah mengisi bagian-bagian yang memang harus diisi maka gambar yang ada di dalam DVR sudah bisa tersambung ke internet. Untuk bisa mengaksesnya ketik hostname DynDNS kemudian login.

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.