Jangan Dulu Memilih CCTV Sebelum Baca Artikel Ini
Jangan Dulu Memilih CCTV Sebelum Baca Artikel Ini

Jangan Dulu Memilih CCTV Sebelum Baca Artikel Ini

Jangan Dulu Memilih CCTV Sebelum Baca Artikel Ini

Memilih CCTV yang tepat sesuai kebutuhan Anda adalah langkah awal yang bijaksana dan penting untuk dilakukan. Dengan membeli CCTV yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari alat tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bertanya pada diri sendiri, CCTV “seperti apa yang saya butuhkan?” Jika Anda masih bingung untuk memulainya, kami akan membantu Anda dengan beberapa pertanyaan yang harus Anda pikirkan jawabannya sebelum berinvestasi dalam sistem keamanan properti Anda. 

1. Apakah kamera pemantau yang Anda inginkan adalah CCTV yang tampak, atau yang tersembunyi?

Sebelum memilih kamera CCTV, Anda harus mengetahui dengan baik lokasi tempat CCTV tersebut akan dipasang dan apa keperluan pemantauan CCTV tersebut. Setelah itu, Anda dapat menentukan pilihan, apakah sebaiknya CCTV yang Anda beli nampak jelas oleh orang lain atau akan dipasang tersembunyi? CCTV yang tampak jelas sebenarnya juga memiliki manfaat, yaitu membuat seseorang berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan atau kecurangan, karena tahu bahwa ia sedang dipantau kamera.  

2. Akankah CCTV tersebut digunakan di dalam atau di luar ruangan?

Di jaman serba canggih seperti sekarang, banyak pilihan kamera CCTV yang tersedia di pasaran, baik untuk instalasi dalam maupun luar ruangan. Tergantung keperluannya, Anda perlu menentukan fitur dan pemasangan kotak pelindung CCTV. Misalnya, apabila untuk keperluan instalasi di luar ruangan maka Anda jelas akan membutuhkan kamera yang tangguh dan juga tahan lama. 

3. Seberapa luas area yang ingin Anda pantau?

Karena luas area cakupan CCTV perlu dipertimbangkan, maka ada baiknya Anda membuat dan melihat cetak biru dari area yang Anda rencanakan untuk dipantau CCTV. Sehingga, Anda dapat dengan efektif memilih jenis dan jumlah kamera untuk menangkap gambar di keseluruhan area tersebut. 

4. Seberapa tinggi tingkat kejernihan dan detail gambar yang Anda butuhkan?

Dengan mengetahui secara pasti luas area yang akan dipantau CCTV, Anda dapat menentukan dengan pasti pula resolusi gambar yang Anda butuhkan. Misalnya, akan lebih baik jika Anda memilih CCTV dengan resolusi tinggi untuk ruangan yang luas agar kualitas gambar pun baik. 

Sebaliknya, kamera dengan resolusi gambar yang rendah atau standar dirasa cukup untuk memantau ruangan yang lebih sempit seperti kantor atau lift. Jadi, kesimpulannya adalah, kamera beresolusi tertinggi yang mahal belum tentu akan menjadi pilihan yang terbaik untuk setiap situasi.

5. Seperti apa kondisi pencahayaan di area yang ingin Anda pantau?

Penting untuk menguji kamera untuk melihat model mana yang paling sesuai dengan kondisi pencahayaan yang ada di tempat Anda. Area di dalam dan di luar akan mendapatkan intensitas sinar matahari yang berbeda sepanjang hari, belum lagi sepanjang tahun saat musim berganti.

Mempertimbangkan arah datangnya cahaya akan sangat penting. Misalnya, akankah ada pantulan dari lantai? Apakah ada backlighting yang kuat yang dapat menyebabkan silau? Untuk lingkungan seperti klub malam misalnya, pencahayaan lampu warna warni di dalam ruangan klub yang gelap bisa berpengaruh pada kamera.

6. Apakah audio penting untuk CCTV Anda?

Jika Anda menginginkan CCTV dengan spesifikasi yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang yang Anda pantau, maka Anda perlu melakukan integrasi audio ke dalam CCTV milik Anda. Anda dapat melakukan integrasi semacam ini dengan bantuan sistem manajemen video.

Jangan Dulu Memilih CCTV Sebelum Baca Artikel Ini

Setidaknya, enam pertanyaan inilah yang harus Anda jawab sebelum memutuskan untuk memilih CCTV yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Membeli CCTV dengan resolusi rendah dan daya tahan tidak terlalu tinggi tidak akan banyak berguna jika digunakan di area yang luas dengan kondisi lingkungan atau cuaca ekstrem. Sebaliknya, membeli CCTV mahal dengan kualitas resolusi tinggi dan tahan banting akan menjadi pemborosan jika hanya akan dipasang di ruangan kecil seperti lift. Oleh karena itu, mempertimbangkan kondisi tempat, pencahayaan dan kebutuhan Anda yang lain akan menjadi penting untuk menentukan spesifikasi alat yang Anda butuhkan. Semoga Anda tidak akan salah memilih CCTV setelah membaca artikel ini. 

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.