Pentingkah Merawat CCTV Secara Rutin
Pentingkah Merawat CCTV Secara Rutin

Pentingkah Merawat CCTV Secara Rutin

Pentingkah Merawat CCTV Secara Rutin

Closed-Circuit Television Systems (CCTV) banyak digunakan untuk merekam gambar dari area tertentu untuk alasan keamanan. Alat ini digunakan untuk memantau jalanan, perkantoran dan rumah selama 24 sehari. Karena digunakan untuk keperluan yang menyangkut keselamatan dan keamanan, maka sangat penting untuk memastikan bahwa peralatan tersebut selalu bekerja dengan benar dan akurat. Pemeliharaan yang baik memiliki tujuan agar menjaga CCTV tersebut tahan lama. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai alasan-alasan mengapa merawat CCTV menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, serta apa saja tips dan cara untuk menjaga CCTV tetap awet dan bekerja dengan baik. 

Mengapa merawat CCTV penting?

Sederhananya, dengan membeli CCTV, Anda telah berinvestasi untuk menjaga agar orang dan properti yang penting bagi Anda tetap aman. Memastikan CCTV Anda dapat bekerja dengan baik sama artinya dengan memastikan bahwa aset yang Anda miliki aman. Mari kita lihat ini secara lebih rinci apa saja alasan yang membuat Anda wajib mengecek dan merawat CCTV Anda. 

1. Masalah yang timbul akibat kotoran
Kotoran dapat menyebabkan masalah dalam beberapa cara. Debu dan kotoran yang menempel dapat menyebabkan overheating pada CCTV Anda, yang kemudian menyebabkan kerusakan prematur pada alat tersebut. Hal penting lain yang juga perlu Anda ketahui adalah, kotoran yang menempel pada lensa akan berdampak pada kualitas gambar yang terekam CCTV.

2. Pemeliharaan rutin dapat mencegah kerusakan 
Jika kamera atau sistem CCTV Anda tidak berfungsi, Anda menjadi tidak bisa dengan mudah memantau keamanan properti Anda. Seperti halnya teknologi apapun, CCTV perlu dicek berkala dan dirawat agar tetap bekerja dengan efektif. Anda akan rutin melakukan service berkala pada kendaraan kesayangan Anda meskipun belum ada kerusakan parah yang terjadi, bukan? Hal ini dilakukan untuk menemukan masalah kecil sebelum menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Jika Anda merawat kendaraan Anda secara teratur, mengapa Anda tidak melakukan hal yang sama dengan CCTV Anda?

3. Kualitas gambar yang dihasilkan tergantung kondisi CCTV
CCTV yang tidak terawat dengan baik dan dibiarkan kotor tentunya tidak akan menghasilkan gambar yang maksimal. Kualitas gambar yang buruk akan menyulitkan Anda dan pihak yang berwenang untuk mengidentifikasi sesuatu jika hal buruk terjadi. Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

4. Menghemat uang
Menjaga dan merawat CCTV Anda dengan baik akan mencegah kerusakan fatal, sehingga CCTV akan awet lebih lama. Itu artinya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya extra untuk membeli CCTV baru tiap kali yang lama rusak.

Pentingkah Merawat CCTV Secara Rutin

Tips merawat CCTV agar awet

Berikut ini kami rangkumkan beberapa tips yang mungkin berguna untuk menjaga sistem CCTV Anda tetap berjalan dengan baik. 

1. Periksa dengan seksama semua kamera indoor dan outdoor Anda dan carilah apakah ada tanda-tanda korosi atau tidak. Pastikan untuk mengganti konektor yang menunjukkan tanda-tanda korosi, karena bisa menyebabkan peralatan Anda rusak.

2. Bersihkan semua lensa kamera setidaknya dua kali setahun untuk performa optimal. Lensa kotor bisa membuat kamera Anda tidak banyak berguna karena kualitas video dan gambar akan terpengaruh 

3. Pastikan semua kamera dan kotak kamera dalam posisi aman, bebas dari getaran. Periksa posisi semua kamera Anda untuk memastikan apakah ada bagian yang longgar atau tidak. Getaran yang timbul akibat pemasangan yang kurang kokoh akan mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan.

4. Segera ganti bagian yang performanya menurun atau rusak. Jika kualitas gambar kamera Anda semakin buruk, ganti kamera sebelum kamera menjadi rusak total. Selama pemeriksaan rutin, perhatikan bagian yang rusak yang perlu diganti.

Itulah tadi informasi mengenai pentingnya merawat CCTV yang Anda miliki, serta tips mudah merawat CCTV agar tetap awet. Semoga bermanfaat.

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.