Perbedaan Antara Kamera CCTV Dome Indoor Dan Inframerah, Mana Yang Lebih Unggul
Perbedaan Antara Kamera CCTV Dome Indoor Dan Inframerah, Mana Yang Lebih Unggul

Perbedaan Antara Kamera CCTV Dome Indoor Dan Inframerah, Mana Yang Lebih Unggul

Perbedaan Antara Kamera CCTV Dome Indoor Dan Inframerah, Mana Yang Lebih Unggul

Kamera CCTV Dome merupakan jenis kamera CCTV yang hingga saat ini masuk jajaran kamera pengawas yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Banyaknya masyarakat yang menggunakan kamera CCTV ini adalah para penggunanya tidak membutuhkan tambahan lensa terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda tentu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat akan memasangnya. Lebih dari itu, saat pemasangannya, Anda juga akan dimudahkan nantinya. Bagi para pengguna CCTV, saat ini sudah banyak toko elektronik yang menjual jenis kamera CCTV ini. So, tentu tidak akan menjadi kesulitan tersendiri bagi Anda yang tengah membutuhkannya walau waktu untuk mendapatkannya sangat mendesak.

Di pasaran elektronik yang menjual kamera CCTV, ada dua jenis kamera Dome yang bisa didapatkan, yakni kamera dome indoor dan juga kamera dome inframerah. Masing-masing kamera ini memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Baik itu dari segi spesifikasi hingga pemakaiannya. Bagi yang ingin membeli kamera Dome, ada baiknya mengetahui perbedaan dua kamera ini. Agar Anda tidak salah pilih saat membelinya. Berikut adalah ulasannya.

Kamera CCTV Dome Indoor

Dari namanya saja tentu Anda sudah tahu. Ya, kamera dome ini dikhususkan bagi pengguna yang akan memasang kamera pengawas di dalam ruangan atau indoor. Dan memang pengaplikasiannya hanya boleh dipasang di dalam ruangan. Hal tersebut disebabkan karena dari segi ketahanannya, kamera ini tidak tahan cuaca panas atau hujan. Kamera CCTV jenis ini menawarkan banyak pilihan fitur bagi para penggunanya. Salah satunya adalah fitur high-definition. Infrared night vesion dan day or night.

Umumnya kamera ini mempunyai sebuah housing yang berbahan dasar dari bahan plastik. Kamera yang digunakan biasanya hanya berukuran 3.6mm dan memang dikhususkan untuk sudut ruangan yang sempit agar kamera ini bisa mengawasi lebih banyak bagian ruangan. Umumnya, jenis kamera ini banyak digunakan sebagai pengawas di mesin atm ataupun bank serta supermarket.

Kamera CCTV Dome Inframerah

Jenis kamera ini menawarkan pilihan kemampuan khusus untuk penangkapan gambar dan video dalam kondisi yang tidak terlalu banyak cahaya atau sama sekali tanpa ada cahaya. Jenis kamera ini sering disebut dengan kamera IR atau kamera infrared. Selain itu, banyak juga masyarakat yang menyebutkan sebagai Night Vision Camera. Kamera inframerah ini ditanami LED IR pada bagian luar lensa. Yang artinya bisa memperluas kemampuan kamera untuk melihat obyek pada malam hari.  Kamera ini memungkinkan bisa menangkap obyek dengan memanfaatkan cahaya dari inframerah yang dijadikan sebagai pengganti dari cahaya tampak. Jadi, walaupun gelap, tetap saja kamera ini bisa menangkap video dengan jelas.
Perbedaan Antara Kamera CCTV Dome Indoor Dan Inframerah, Mana Yang Lebih Unggul

Kamera CCTV ini bisa beroperasi di semua kondisi cahaya. Baik itu siang hari hingga di tengah-tengah kegelapan malam. Untuk kondisi rendah cahaya, gambar yang akan dihasilkan adalah hitam putih. Sedangkan dalam keadaan yang gelap gulita atau tanpa cahaya sama sekali, kamera ini akan secara otomatis memanfaatkan LED inframerah built-in. Dimana, LED ini akan menerangi area yang tepat di depannya. Lampu ini tak dapat dilihat kasat mata. Walaupun demikian, mungkin saja Anda akan melihat merah samar di bagian depan kamera. Umumnya, jenis kamera ini banyak digunakan di outdoor atau lapangan.

Itu tadi perbedaan antara kamera dome indoor dan kamera dome inframerah. Mengingat dari segi pengaplikasiannya juga sangat berbeda, ada baiknya saat akan menggunakannya, diharapkan untuk memastikan terlebih dahulu dimana Anda akan menyematkan kamera CCTV Dome ini, di indoor atau di outdoor.

Berbagi Informasi:

Admin
Hanya manusia biasa, yang ingin selalu belajar.